PANNA dan TNI-Polri Sukses Gelar Penyuluhan Bahaya Narkoba di SMAN 22 Garut

FOKUS, MIMBAR EDUKASI1,658 views

HARIANGARUTNEWS.COM – DPD Pergerakan Anti Napza Nusantara Amartha (PANNA) Kabupaten Garut bekerjasama dengan Satbinmas Polres Garut dan Koramil 1118 Cisompet sukses menggelar Penyuluhan dan Sosialisasi Bahaya Narkoba dikalangan Siswa-Siswi SMA Negeri 22 Garut, Kecamatan Cisompet, Senin (25/11).

Ketua DPD PANNA Kabupaten Garut, Igie N Rukmana S Kom menuturkan, kasus penyalahgunaan napza di kalangan remaja merupakan salah satu bentuk kenakalan remaja yang patut diwaspadai saat ini. Kurangnya pengetahuan dan edukasi remaja mengenai bahaya narkoba merupakan salah satu penyebab problematika tersebut marak terjadi.

“Selain itu, pergaulan bebas yang terjadi di lingkungan juga turut mendorong terjadinya kasus penyalahgunaan narkoba pada remaja saat ini. Tujuan dari kegiatan ini tak lain adalah dalam rangka mengurangi kenakalan remaja akibat dari penyalahgunaan narkoba. Sehingga dengan adanya kegiatan ini diharapkan para siswa mampu menyerap informasi dan memahami ancaman yang ditimbulkan dari penggunaan obat-obatan terlarang,” papar Igie.

Sementara Babinsa Desa Sindangsari Koramil 1118 Cisompet, Koptu M. Rasilan dalam sambutannya ia menyebutkan narkoba sudah menjangkiti hampir seluruh lapisan masyarakat terutama generasi muda.

“Kaum muda saat ini seringkali terpengaruh oleh mitos yang menyatakan bahwa narkoba bisa meningkatkan prestasi, padahal tidak ada data yang menunjukkan bahwa seorang berprestasi karena menyalahgunakan narkoba,” lanjutnya.

Bahkan, lanjut Rasilan, penyalahgunaan narkoba bersifat boderless atau tidak mengenal batas, artinya dapat terjadi di mana saja pada siapa saja, pria atau wanita, tua maupun muda, kaya atau tidak, baik pejabat atau bukan pejabat, tutupnya.

Kegiatan ditutup tausiyah oleh Kanit Bintibmas Polres Garut, Aipda H Umar Taufik S Sos I. Ia menegaskan pentingnya pengetahuan yang cukup dengan pendidikan, sarana media dan informasi menjadi salah satu andil terhindar dari bahaya narkoba, pendidikan formal, dan non formal sangat membantu sebagai sarana edukasi yang bijak.

“Untuk itu, sosialisasi ini adalah salah satu cara untuk mensyiarkan perintah agama yaitu tentang larangan dari hal-hal yang dapat merugikan manusia sebagaimana yang tertuang dalam surat Al-Baqarah ayat 195 yang artinya janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri dalam kebinasaan,” ucap Polisi Santri.

Sementara itu, Wakasek Sarana SMAN 22 Garut, Nandi Kusnindar M Pd menyampaikan terima kasih kepada DPD PANNA Kabupaten Garut, Sat Binmas Polres Garut dan Koramil 1118 Cisompet yang telah memberikan penyuluhan bahaya penyalahgunaan narkoba kepada seluruh siswa-siswinya.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini para siswa mampu mendapatkan edukasi dan pemahaman baru terhadap bahaya narkoba. Sehingga kemudian hari mereka mampu menjadi generasi muda yang cemerlang dan tidak terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba,” pungkas Nandi. (Yanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *