Kades Karyamukti Cibatu Garut, Pelantihan UMKM untuk Destinasi Wisata Silayung Park

SEPUTAR GARUT2,056 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Dongkrak perekonomian masyarakat, Kepala Desa Karyamukti, gelar pelatihan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Rabu (20/11) di aula Desa Karyamukti Jalan Raya Cibatu-Bandrek, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, dengan tema Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Melalui Pelatihan UMKM.

Hadir dalam acara, Camat Cibatu Drs Sardiman Tanjung, Kepala Desa (Kades) Karyamukti Widya Heru Kartika SE, narasumber dan pemateri Keuis Hera Susanti Dosen Universitas Garut (UNIGA), peserta pelatihan Masyarakat/Kelompok Usahan Desa Karyamukti.

Kades Karyamukti Widya Heru Kartika SE, mengatakan, melalui pelaksanaan pelatihan kewirausahaan, diharapkan masyarakat Desa Karyamukti memiliki jiwa wirausaha dan mampu melihat peluang dan potensi yang ada di lingkungannya.

“Berangkat dari keprihatinan yang mana banyak warga yang belum mendapatkan kesempatan kerja di usia produktif, maka kami atas nama pemerintahan desa mendorong masyarakat untuk menunjukkan kemampuan dan potensinya masing masing dalam bentuk kelompok untuk kegiatan UMKM,” ujar Heru.

Ia juga berharap, kelompok UMKM yang diberikan pelatihan bisa berkembang dan berkreasi. Delapan kelompok UMKM ini akan dipersiapkan untuk menunjang launching destinasi wisata Silayung Park. Mereka akan disiapkan gerai-gerai untuk menjajakan hasil kreasi dan jajanan kulinernya.

“Sesuai amanah Permendagri yang mana salah satu prioritas penggunaan Dana Desa adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui program pemberdayaan masyarakat, jadi kegiatan ini kami danai menggunakan Dana Desa tahun anggaran 2019 tahap tiga,” papar Heru.

Dalam kesempatan tersebut juga Kepala Desa Karyamukti memberikan simbolis serah terima alat pengolah kue, alat pengolah Kopi, alat pengrajin bambu dan Kayu kepada masyarakat peserta pelatihan UMKM. (Riki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *