Tekan Angka Stunting, Wabup Garut Turun Gunung Bagikan Sayuran Hingga ke Pelosok Daerah

FOKUS, SEPUTAR GARUT1,635 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Kebiasaan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi ikan dan sayuran secara rutin terus di ingatkan Wakil bupati Kabupaten Garut dr Helmi Budiman kepada seluruh warga masyarakat. Hal tersebut disampaikan orang nomer dua di Kabupaten Garut ini, ketika berkunjung ke desa garonggong kecamatan cibalong minggu (17/11).

Dalam kunjungannya Wakil Bupati Garut terlihat rileks dan santai dengan membawa perbekalan sayuran seperti kentang dan tomat kurang lebih 6 kwintal untuk dibagikan ke masyarakat di Desa Garonggong, Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut.

“Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para tokoh masyarakat, yang nantinya akan disampaikan kepada masyarakat yang ada di desa Garonggong karena isu kesehatan masih menjadi PR besar bagi Kabupaten Garut,” ujar Helmi.

Helmi Berharap, agar masyarakat Kabupaten Garut sehat dengan rutin mengkonsumsi sayuran ini juga sebagai salah satu strategi atau upaya menekan angka stunting di Kabupaten Garut. Makanya kata Hemli, saat kunjungan, dirinya sengaja membawa sayur mayur diantaranya tomat dan kentang untuk dibagikan ke masyarakat secara cuma-cuma.

“Penyebab stunting di Kabupaten Garut tidak hanya berasal dari gizi ibu hamil, kurangnya asupan makanan bergizi atau kurangnya konsumsi sayur mayur, akan tetapi lingkungan yang tidak bersih juga sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan stunting,” beber Helmi.

Lanjut Wakil Bupati, Stunting atau kondisi gagal tumbuh berpengaruh terhadap pertumbuhan otak balita membuatnya tidak ada daya saing saat dewasa balita perempuan yang mengalami stunting ketika dewasa menjadi ibu yang berpotensi melahirkan bayi dengan gizi buruk pula,” katanya.

Sementara itu Ilis (40) warga Kampung Garonggong Desa Garonggong, Kecamatan Cibalong, sama sekali tak menyangka akan ada kunjungan dari Wakil Buka Bupati Garut dr Helmi Budiman. Ia mengucapkan banyak beribu terima kasih atas kunjungan Wakil Bupati,

“saya tidak menyangka pada hari ini di desa saya akan kedatangan tamu istimewa yang membagikan sayuran secara cuma-cuma bagi masyarakat Desa Garonggong,” ucap Ilis.

Ilis mengungkapkan rasa kaget campur bahagia, saat melihat kedatangan orang nomor dua di Kabupaten Garut ini.

“Mimpi apa semalam Desa Garonggong akan kedatangan Wakil Bupati Garut dan membagikan sayuran langsung sama beliau. Keur kasep teh bageur sederhana deuih pikaresepeu ( sudah tampan baik sederhana pula),” cetus Ilis. (Firman)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *