PKBM HASTA Cisurupan Garut, Hadir Meriahkan Perayaan HAI ke 54 Tingkat Provinsi Jawa Barat

MIMBAR EDUKASI2,827 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Turut memeriahkan perayaan hari aksara internasional (HAI) ke 54 tingkat provinsi Jawa Barat, yang mana diketahui perayaan HAI ini akan digelar sampai 13-14 Nopember 2019. Seluruh Dinas Pendidikan (Disdik) dari 27 Kabupaten dan Kota membawa kontingen yakni Lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

Salah satu PKBM yang dihadirkan dari Disdik Kabupaten Garut yakni PKBM HASTA (Himpunan Alumsi SDN Cintarakyat) dari Desa Karamatwangi, Kecamatan Cisurupan. PKBM HASTA hadir menampilkan beberapa kreasi dan kreativitas hasil karya alumni PKBM binaannya, diantaranya ada kopi khas Papandayan, olahan Raginang, Ragining serta kerajinan kayu dan ukiran yang dibuat dari pemanfaatan limbah bambu.

Ketua Pusat Kegiatan Belaja Masyarakat (PKBM) Hasta, Asep Rustandi SE, mengatakan, PKBM Hasta ini dibawah naungan Yayasan Hasta yang diketuai oleh Agus Deni S Pd MM, yang beralamat di Desa Karamatwangi, Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut.

“sekarang ini warga belajar mulai dari Paket A, B dan C ada 268 orang,” ujar Asep, Rabu (13/11).

Sementara Pembina PKBM HASTA, Diat Hadiat S Pd, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Disdik Kabupaten Garut kepada PKBM HASTA untuk berpartisipasi dalam acara perayaan HAI tingkat Jawa Barat ini.

“Saya berterima kasih kepada pak Bupati, Kadisdik, Kabid dan Kasi atas kepercayaan yang diberikan kepada PKBM HASTA. Mudah mudahan ini menjadi motivasi bagi kami agar bisa berbuat lebih baik lagi kedepan,” kata Diat.

Ia juga menjelaskan, yang dipamerkan di stand kali ini adalah buah karya dan olahan para alumni PKBM HASTA, mulai dari kopi khas Papandayan, olahan makanan dan kerajinan buat tangan, yang selama ini dibina. Dengan tujuan pemberdayaan kepada masyarakat, diharapkan ini bisa berkembang kedepannya.

“Kalau untuk kerajinan limbah bambu ini memang ukiran, jadi konsumennya adalah pecinta seni. Hal ini kami membutuhkan dorongan untuk pemasaran hasil karya anak-anak PKBM HASTA, disamping hasil karya lainnya,” pungkasnya. (Ndy)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *