Resmikan Poskestren, Wakil Bupati Garut Apresiasi Warga Cilawu Sudah Deklarasi ODF

FOKUS, SEPUTAR GARUT1,368 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Sambut Hari Kesehatan Nasional, Wakil Bupati Garut, resmikan Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren) sekaligus menyaksikan Deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau Stop Bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS) se wilayah Kecamatan, yang di pusatkan di Desa Mekarmukti, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Senin (11/11).

Hadir dalam acara Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman, Forkopimcam Cilawu, para Kepala Desa tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Camat Cilawu Dra Mekarwati M Si, mengatakan, kondisi warga masyarakat di Cilawu khususnya sudah mulai sadar akan kesehatan lingkungan, karena pihaknyapun sering melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

“Alhamdulillah, dilingkungan bagus, mudah-mudahan dengan deklarasi ODF yang dilaksanakan sekarang menjadi pemicu bagi masyarakat, agar tetap menjaga kondisi lingkungan yang bersih dan sehat,” ucapnya.

Wakil Bupati dr Helmi Budiman, dalam sambutannya sangat mengapresiasi warga Kecamatan Cilawu yang sudah mendeklarasikan ODF. Ia juga berharap agar Poskestren di Desa Mekarmukti yang baru diresmikan, bisa lebih meningkatkan tarap hidup sehat dan terus disosialisasikan pentingnya kebersihan di lingkungan kita. Ini adalah sebuah kemajuan untuk warga masyarakat yang ada di lingkungan pemerintahan desa,” ucap Wabup, Senin (11/11).

ODF ini kata Helmi, adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas faham dan mengerti sehingga tidak ada lagi yang buang air besar sembarangan. Hal ini sangat berpengaruh apabila pembuangan tinja tidak memenuhi syarat, akan terjadi penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa sebisa mungkin. Katanya.

Wabup juga mengajak semua pihak untuk sama sama sosialisasi ODF terhadap warga yang berada di lingkungan kita. Sejalan dengan harapan Pemerintah Pusat mengenai Generasi Sehat Indonesia Unggul, ini akan tercipta mulai dari lingkungan bersih dan sehat, dan Visi Misi Kabupaten Garut Bertaqwa Maju dan Sejahtera akan tercapai,” pungkas Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman. (Ndy)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *