Wakil Bupati dan DPMD Garut Tinjau Langsung Pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2019

FOKUS3,252 views

HARIANGARUTNEWS.COM – 125 desa dari 23 kecamatan di Kabupaten Garut menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2019. Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman meninjau langsung pelaksanaan Pilkades Gelombang III ini di sejumlah lokasi, Selasa (05/11).

Lokasi yang didatangi Wakil Bupati di antaranya di Desa Haurpanggung Kecamatan Tarogong Kidul, Desa Jati Kecamatan Tarogong Kaler, Kecamatan Samarang, Kecamatan Banyuresmi, Kecamatan Leuwigoong dan Kecamatan lainnya yang ada di wilayah Garut Tengah dan Utara. Sementara Bupati Garut H Rudy Gunawan SH MH melakukan monitoring di Garut Selatan.

Saat melakukan peninjauan, Wakil Bupati Garut didampingi Sekretaris Dinas, Asep Jaelani S Pd M Pd dan Kabid Pemdes Fahmi Fauzi S STP M Si dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Garut, Protokol Pemkab Garut dan Satuan Polisi Pamong Praja.

Helmi Budiman mengatakan, penyelenggaraan Pilkades memiliki peran penting dan strategis dalam mewujudkan sistem pemerintahan desa yang profesional. Penyelenggaraan Pilkades, kata Helmi, merupakan hak setiap warga negara untuk memberikan suaranya. Merek memilih calon kepala desa yang dianggap mampu menjalankan roda pemerintahan desa hingga 6 tahun ke depan.

“Pilkades sendiri memiliki peranan penting dalam melahirkan pemimpin yang mampu membawa perubahan bagi masyarakat. Sebagai mata rantai pemerintah daerah, kepala desa mempunyai tanggung jawab besar dalam turut serta memajukan Kabupaten Garut. Selain itu, Kepala desa juga harus mampu mengemban amanah untuk menyukseskan terwujudnya Kabupaten Garut Maju, Bertaqwa dan Sejahtera,” ujar Helmi saat melakukan peninjauan di Desa Leuwigoong, Kecamatan Leuwigoong, Selasa (05/11).

Wakil Bupati Garut menambahkan, hingga siang ini alhamdulillah pelaksanaan Pilkades berjalan lancar dan kondusif. Hal ini tentunya berkat kesiapsiagaan TNI/Polri dan Pemerintah Daerah serta elemen masyarakat yang menginginkan pelaksanaan Pilkades Gelombang III ini berjalan sukses tanpa ekses. Dirinya juga mengucapkan selamat bertugas untuk seluruh panitia Pilkades yang sedang menjalankan tugasnya. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *