Forkopimda Garut bersama 494 Calon Kades Gelar Deklarasi Pilkades Damai

FOKUS1,687 views

HARIANGARUTNEWE.COM – Jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak gelombang III pada 5 November mendatang, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Garut, bersama 494 calon kepala desa menggelar deklarasi damai di Lapangan Oto Iskandardinata Alun-Alun Garut, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut, Jumat (01/11).

Bupati Garut Rudy Gunawan SH MH yang memimpin jalannya deklarasi tersebut menyebutkan bahwa hal itu dilakukan sebagai wujud komitmen bersama untuk menyukseskan pesta demokrasi di tingkat desa ini.

“Kita berdo’a kepada Allah SWT, supaya Pilkades Serentak Gelombang III tahun 2019 berjalan aman penuh kekeluargaan, demokratis dan tentunya menghasilkan pemimpin yang amanah. Momentum ini untuk membuktikan adanya persatuan dan kesatuan, serta semangat kebersamaan dalam mewujudkan Pilkades yang damai, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil dan sukses tanpa ekses,” ujarnya usai deklarasi.

Rudy juga berencana, seandainya selesai Pemilihan Kepala Desa Serentak Gelombang III tahun 2019 ini tidak ada sengketa maka pihaknya akan segera melaksanakan pelantikan.

“Tadinya kami ini berencana, kalau selesai Pilkades ada berita acara, ini tidak akan lama Senin depan saya akan lantik, kalau memang ada kesepakatan semua tidak ada sengketa,” terang Rudy.

Sementara Kapolres Garut AKBP Dede Yudi Ferdiansyah SIK MIK meminta para Calon Kades serta masyarakat pendukungnya bisa saling menahan diri, dan tidak terprovokasi isu apapun yang berpotensi menyebabkan terjadinya gesekan.

AKBP Dede juga berharap seluruh elemen masyarakat bisa berpartisipasi secara aktif dalam menyukseskan Pilkades Serentak Kabupaten Garut. Beberapa elemen yang ia sebutkan, seperti Pemerintah Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD), Babinsa, Bhabinkamtibmas, Bindes, dan lain-lain.

“Saya mengimbau jangan sampai panitia pilkades condong ke salah satu calon, harus bersikap netral, agar pelaksanaan pilkades bisa berjalan aman dan lancar,” kata Kapolres Garut.

Di samping itu, ia mewanti-wanti para Calon Kades agar bersaing dengan mengikhti peraturan Perundang-Undangan yang berlaku. Sehingga, semua tahapan yang dilalui sesuai dengan koridor hukum.

Berikut Berita Acara Deklarasi Bersama
494 Calon Kepala Desa Pada Pilkades Serentak Tahun 2019.

Pada hari ini Jumat tanggal 1 November 2019, kami yang bertanda tangan dibawah ini adalah Calon Kepala Desa di 125 desa dari 35 kecamatan di Kabupaten Garut sebagaimana terlampir dalam berita acara ini.

Dengan ini menyatakan sikap dan komitmen dihadapan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Garut, SKPD Kabupaten Garut dan peserta deklarasi, antara lain :

1. Akan Mengikuti Seluruh tahapan pelaksanaan Pilkades serentak Gel III Th 2019 dengan mengedepankan etika Politik yang bersih, Toleran serta menjaga nilai-nilai demokrasi dengan tidak melakukan pelanggaran Pilkades yakni Politik uang, penggunaan pasilitas pemerintah, penyalahgunaan jabatan dan kewenangan serta pelanggaran lainnya yang mencederai kualitas Pilkades.

2. Siap menang siap kalah serta akan menjaga kondisi wilyah yang kondusif, baik sebelum, pada saat maupun setelah pelaksanaan Pilkades.

3. Tidak akan menuntut apapun terhadap hasil Pilkades serta akan menerima hasil Pilkades secara Arif dan Bijaksana.

4. Apabila terpilih sebagai Kepala Desa, Kami berjanji :
a. Tidak akan melakukan komunikasi yang mengarah pada KKN.
b. Tidak akan melakukan praktek KKN.
c. Akan melaporkan kepada pihak berwenang apabila mengetahui adanya indikasi KKN.

5. Apabila kami melanggar hal-hal yang telah kami nyatakan dalam kebulatan tekad ini kami bersedia dikenakan sangsi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sikap dan komitmen kami dibuat dengan sebenar-benarnya dan tidak ada paksaan dari pihak lain.

Demikian berita acara ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Ditandatangani Para Calon Kepala Desa, Bupati Garut, Kapolres Garut, Dandim 0611 Garut, Kejaksaan Negeri Garut, Pengadilan Negeri Garut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *