Bupati Garut : Demokrasi Tingkat Desa Segera Digelar, Menang Kalah Itu Urusan Takdir

FOKUS1,088 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Gelombang III tanggal 5 November 2019 di 125 desa, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Garut bersama Panitia Pilkades tingkat Kabupaten Garut, menggelar apel gabungan dalam rangka persiapan pengamanan Pilkades, Jum’at (01/11) di lapangan Alun-Alun Garut.

Hadir dalam acara, Bupati Garut H Rudy Gunawan SH MH MP, Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman, perwakilan anggota DPRD Garut, Kapolres Garut AKBP Dede Yudy Ferdiansyah SIK MIK, Dandim 0611 Garut Letkol Inf Erwin Agung Teguh Wiyono Andrianto ST MTr (HAN) Denpom III/2 Garut Letkol Cpm Yulius Amra SH, para SKPD, Ketua MUI Kabupaten Garut, Panita Pilkades tingkat Kabupaten dan tingkat desa, para Calon Kepala Desa dari 125 desa se Kabupaten Garut serta ribuan personel gabungan TNI, Polri, Satpol-PP, Dishub, Damkar dan Linmas.

Bupati Garut H Rudy Gunawan SH MH MP dalam sambutannya menuturkan, kepada para Calon Kepala Desa di 125 desa dari 35 Kecamatan se Kabupaten Garut, dimana tahap akhir yang menentukan yakni hari Selasa tanggal 5 November 2019 adalah hari pelaksanaan pemilihan Kepala Desa.

“Saya selalu Kepala Daerah dan Pimpinan Daerah lainnya, ingin memastikan pelaksanaan Pilkades serentak sebagai pelaksanaan dari undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, serta PP 47 dan 43 tahun 2017, kita akan mamasuki tahap yang menentukan sebagai wujud demokrasi tingkat desa, yaitu warga masyarakat memilih Kepala Desa secara langsung di masing-masing desa,” kata Rudy.

Lanjut Rudy, Kabupaten Garut mempunyai pengalaman yang luar biasa, Pilkades serentak 2015 yang diikuti lebih dari 200 desa telah dilaksanakan di gelombang pertama dengan aman dan damai. Ini berkat kerjasama dari para calon Kades, baik yang menang maupun yang kalah, tokoh masyarakat setempat, tiga pilar desa, tiga pilar di kecamatan dan tiga pilar yang ada di kabupaten.

Masih kata Rudy, dalam Pilkades ini tentunya ada yang ditakdirkan menang dan kalah, namun pada hakikatnya kita menjemput takdir Allah SWT. Kami dari Forum Pimpinan Daerah hanya menyiapkan sesuatu yang akan menuju kepada ketenangan kepada masyarakat dalam menyampaikan aspirasi kepada siapapun sesuai dengan hati nuraninya, karena demokrasi pada pemilihan Pilkades ini adalah langsung umum bebas rahasia.

“Kami dari Forkopimda akan mensuport Forkopimcam dan Panitia Pilkades ditingkat desa, kita akan ciptakan menjelang 5 November mendatang suasana kekeluargaan, kondusif. Siapa yang menang dan kalah itu adalah takdir Allah SWT,” pungkas Bupati Garut. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *