Ketersediaan Air Sudang Sangat Darurat, Kades Cibatu Garut Berjibaku Bantu Warga

SEPUTAR GARUT870 views

Kepala Desa Cibatu, Dadang S Yasin Ori, getol membantu warganya untuk mendapatkan air bersih.

 

HARIANGARUTNEWS.COM – Kekeringan sudah benar-benar melanda di wilayah kabupaten Garut. Kondisi tersebut menyebar hampir diseluruh daerah, khususnya di wilayah kecamatan Cibatu. Tak sedikit masyarakat akhirnya kembali memanfaatkan air sungai untuk kebutuhan sehari-hari, sekalipun jaraknya cukup jauh.

Berbagai upaya menanggulangi kekurangan air dilakukan oleh warga, bahkan kepala desa pun akhirnya berjibaku turut turun tangan. Seperti halnya kepala desa Cibatu, Dadang S Yasin Ori, dirinya sangat getol membantu warga menyediakan kebutuhan air tersebut.

“Ada enam RW yang benar-benar kesulitan dalam mendapatkan air bersih, semua sumur warga benar-benar kering. Tentu menjadi bagian tanggungjawab kami untuk menanggulangi kekeringat tersebut”, ujarnya.

Lanjur Dadang, pihaknya berupaya mengambil air dari luar wilayah Cibatu yang tersedia, diakut menggunakan kendaraan kemudian dibagikan ke tiap wilayah RW. Hal itu dilakukan tidak mengenal waktu, malam pun ia lakukan agar warga tak kesulitan.

“Kebutuhan air sangat vital bagi manusia, sementara di wilayah kami sangat kekurangan bahkan sudah tak tersedia. Kami berharap pemerintah daerah dapat membantu menanggulanginya”, imbuh Dadang.

Sementara anggota Badan Permusyaratan Desa (BPD) Cibatu, Sohib membenarkan kalau wilayah desa Cibatu kesulitan air bersih. Pemerintah desa sendiri sudah menyiapkan pembangunan sumur bor di sejumlah titik, tetapi itu dianggarkan pada tahun depan. “Kebutuhan air sipatnya mendesek, sementara rencana pembangunan sumur bor kemungkinannya di tahun anggaran berikutnya. Beruntung kita memiliki kepala desa yang sangat perhatian, beliau turut mencari solusi dengan mendatangkan air bersih dari wilayah di luar kecamatan. (Bulan)**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *