Kapolres Garut : Pokdar Kamtibmas Mitra Polri Terbesar

HALO POLISI1,091 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Hadirnya Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas), dinilai sangat berkontribusi besar dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kapolres Garut AKBP Dede Yudi Ferdiansyah SIK MIK mengatakan, meski merupakan organisasi yang dibentuk bukan sebagai unit usaha atau milik salah satu golongan, atau partai, dan tidak berpolitik. Tapi Pokdar Kamtibmas merupakan kelompok yang memiliki tujuan untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif dan bermitra dengan Polri.

“Organisasi Pokdar Kamtibmas, merupakan ormas mitra Polri terbesar yang tersebar di jajaran Polres dan Polsek di wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Kapolres Garut saat menghadiri pembentukan pengurus Pokdar Kamtibmas Polres Garut di Hotel Redante, Rabu (16/10) lalu.

Dia menyebut, dalam perjalananya, Pokdar sudah memberikan banyak kontribusi sebagai mitra dalam menjaga stabilitas.

“Diantaranya, membantu pengamanan Hari Besar Nasional, Pilkada, Operasi Ketupat, Operasi Lilin, dan membantu kepolisian mem-back up patroli rutin dalam rangka memantau wilayah,” katanya.

Hal itu, secara konsiten berjalan meskipun dengan kendala sarana dan prasarana yang belum memadai. Sarana dan pra sarana berasal dari swadaya tanpa bantuan dari mana pun.

“Saya merasa bangga dengan Pokdar Kamtibmas, yang menjadi kelompok terdepan tertib lalu lintas, menjadi kelompok terdepan yang taat hukum, menjadi kelompok terdepan membantu polri memelihara Kamtibmas tanpa mengenal lelah,” tandasnya.

Untuk diketahui, Pokdar Kamtibmas dibentuk melalui Skep Kapolri Nomor Sek 661/XI/1992, tanggal 26 November 1992, dengan Juklak Nomor Pol 42/XI/1992, tanggal 26 November 1992, Skep Nomor 3 Tahun 2015 dan ST Kapolri Nomor : ST/2492/IX/HUK.6.5/2019 Tanggal 18 September 2019 Tentang Pembentukan Pokdar Kamtibmas. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *