Kadis DPMD : 182 Bakal Calon Kades di Garut Ikut Seleksi

FOKUS2,114 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Panitia pelaksana pemilihan kepala desa tingkat Kabupaten Garut, pada Selasa (15/10) mendatang akan menggelar seleksi bagi bakal calon yang jumlah lebih dari lima orang. Seleksi akan digelar di aula kantor kecamatan yang akan melaksanakan Pilkades Serentak Gelombang III Tahun 2019. Ada 182 bakal calon Kades yang mengikuti seleksi. Mereka berasal dari 28 Desa, 24 Kecamatan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Garut, Drs Aji Sukarmaji menjelaskan, berdasarkan data per Oktober 2019 tercatat ada 28 desa yang diwacanakan akan menggelar seleksi bakal calon Kades. Panitia seleksi, menurut Aji telah menyiapkan lembar kertas materi seleksi. Sementara pelaksanaan pemilihan secara serentak akan digelar pada 5 November 2019 mendatang.

“Untuk pelaksanaan bakal calon kepala desa yang memenuhi persyaratan administrasi sampai detik ini hanya 28 desa. Jika bakal calon Kades yang mengundurkan diri sebelum penetapan tidak dikenakan sangsi, baik administrasi maupun pidana. Karena mereka mundur sebelum calon resmi ditetapkan,” ujar Kadis DPMD, Jumat (11/10).

Meski demikian, mereka diminta untuk membuat pernyataan secara tertulis bermaterai yang menyatakan yang bersangkutan mengundurkan diri tanpa paksaan. Panitia seleksi bakal calon kepala desa menyiapkan soal yang diujikan bagi calon kades, dimana akan memuat pertanyaan unsur pemerintahan, pembangunan, dan sosial kemasyarakatan serta wawasan kebangsaan.

“Peserta dilarang menggunakan, apalagi membawa alat komunikasi saat tes tertulis berlangsung. Hasil tes tertulis ini akan diserahkan kepada panitia Pilkades tingkat desa untuk digabungkan dengan nilai tambahan dengan variabel yang telah ditetapkan berdasarkan Perbup Nomor 117 Tahun 2015 dan Perda 18 Tahun 2014. Seperti pengalaman di lembaga pemerintahan, usia dan pendidikan yang akan menjadi penentu bakal calon lolos menjadi calon Kades,” pungkas Kadis DPMD Garut. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *