Ketua DPC Paguyuban Sundawani Bayongbong : Ormas Harus Bermanfaat Bagi Masyarakat

MIMBAR EDUKASI1,848 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Organisasi kemasyarakatan memang berfungsi sebagai basis pembentukan masyarakat sipil. Namun, kiprah organisasi kemasyarakatan yang bernuansa kekerasan dinilai meresahkan. Menurut publik, kondisi ini diakibatkan penegakan hukum yang lemah dan keterkaitan yang erat dengan motif ekonomi dan politik kelompok tertentu di masyarakat.

Ketua Organisasi masyarakat (Ormas) DPC Paguyuban Sundawani Kecamatan Bayongbong yang di Komandoi Nanang Koswara nampaknya ingin merubah paradigma tersebut. Ia bersama pengurus lainnya kerap menggelar bhakti sosial, baik membantu rumah tidak layak huni maupun membantu masyarakat yang kekurangan lainnya. Intinya, Nanang selalu berharap ingin mengedepankan kesejahteraan masyarakat.

“Ormas haruslah bermanfaat untuk masyarakat, sebab ormas adalah bagian dari unsur masyarakat yang mempunyai payung hukum serta di akui negara. Kegiatan-kegiatan sosial di masyarakat sebagai bukti kepedulian sosial kami kepada lingkungan sekitar. Alhamdulillah kegiatan Ormas Sundawani bisa terselenggara berkat dukungan dari semua pihak baik anggota maupun para pengusaha yang berjiwa sosial,” ucap Ketua DPC Paguyuban Sundawani yang tinggal di Kampung Batugede RT03/02 Desa Sukamanah, Kecamatan Bayongbong tersebut.

Nanang mengakui, jika keberadaan DPD Paguyuban Sundawani Garut, yang di pimpin H Asep Hendro merupakan ormas yang selalu siap membantu masyarakat dalam berbagai bidang. Imbasnya, semakin hari pengakuan dari masyarakat terhadap eksistensi organisasi makin membesar. Bahkan, imbuh dia, saat ini lembaga yang dinaunginya sedang menyiapkan program penyuluhan Bahaya Anti Narkoba bersama DPD PANNA Kabupaten Garut serta memberikan pendidikan dasar kepada anak-anak jalanan.

“Ketua kami selalu menekankan agar seluruh anggotanya wajib membela kepentingan masyarakat. Beliau juga tegaskan sebuah organisasi kemasyarakatan harus bermanfaat untuk kepentingan umum dan menjaga kedaulatan Negara Republik Indonesia,” tutup Nanang. (Net)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *