Rd. Aas Kosasih, Baznas Garut Targetkan Rp 26 Milyar Pada Tahun 2020

FOKUS, SEPUTAR GARUT2,777 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Tahun 2020 menargetkan capaian penerimaan zakat di Garut, Jawa Barat, sebesar Rp 26 Milyar. Yang mana berbagai cara dan upaya terus menjalin kerjasama dengan berbagai instansi, BUMD, BUMN dan Pemerintah Kabupaten Garut. Hal tersebut diungkapkan Ketua Baznas Kabupaten Garut, Rd. H. Aas Kosasih, Minggu (6/10/2019).

“Setiap tahun mulai dari tahun 2017 sampai dengan 2019, penerimaan zakata yang di titipkan ke Baznas terus mengalami peningkatan yang sangat signifikasn. Yang mana Baznas Garut juga selalu diauidit dalam mempertanggung jawabkan penyalaran zakat dan alhamdulillah kita selalu mendapatkan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” ujar Ketua Baznas Kabupaten Garut, Rd. H. Aas Kosasih.

Ia mengatakan, dalam meningkatkan penerimaan zakat profesi, pihaknya sudah meluncurkan program yakni payroll sistem dengan beberapa SKPD di Kabupaten Garut. Dimana pada tahun 2016 penerimaan zakat hanya mencapai Rp 900 Juta dan pada tahun 2017 mencapai Rp 3,7 Milyar, sedangkan pada tahun 2018 Rp 5,8 Milyar, alhamdulillah pada tahun 2019, penumpulan zkat Rp 8,8 Milyar. Penyerapan anggaran tersebut sudah di audit dan mendapatkan WTP.

“Untuk tahun 2020 dengan melihat potensi, Baznas menargetkan sebesar Rp 26 Milyar. Tentunya, bebagai upaya terus dilakukan,” katanya.

Aas juga mengaku, selain meluncurkan program payroll sistem yang juga Garut merupakan percontohan. Dalam meningkatkan pendapatan zakat, pihaknya juga meluncurkan bagi-bagi sarung terhadap seluruh masyarakat. Yang mana targetnya, masyarakat yang sudah mampu bisa membayarkan zakatnya melalui baznas.

“Semua pendapatan zakat disalurkan melalui program-program yang ada di Baznas, seperti Garut Taqwa, Garut Sehat dan program lainnya. Termasuk, hampir setiap hari baznas melauani masyarakat yang tidak mampu untuk membayar pengobatan pada Rumah Sakit termasuk menyediakan ambulance gratis,” cetusnya.

Ia juga menuturkan, semua penggunaan anggaran hasil penitipan zakat selalu diawasi oleh auditor. Yang mana hal tersebut dilakukan untuk menghindari adanya penyimpangan dana. “Kita mempertanggung jawabkan semua anggaran yang di gunakan melalui Baznas,”. (Firman)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

  1. Ass.mohon maaf mengganggu…saya Asep Wahyudin asal limbangan…sudah mengirimkan Surat Pengsjuan Bantuan Dana Modal Usaha pada awal Nopember 2020.knapa sampai saat ini belum ada kabarnys.mhon klarifikasinya.terima kasih.