Bahas Bidang Pertanian, Bupati Garut Terima Kunjungan Bupati Damyang Korea Selatan 

FOKUS3,516 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Bupati H Rudy Gunawan SH MH MP didampingi Kapolres Garut AKBP Dede Yudi Ferdiansyah SIK MIK, Dandim 0611 Garut Letkol Inf Erwin Agung Teguh Wiyono Andrianto, menerima kunjungan dari Bupati Damyang Korea Selatan dalam kerjasama bidang pertanian, di Gedung Pamengkang, Jalan Kiansantang, Kelurahan Regol, Kecamatan Garut Kota, Kamis (03/20).

Usai menerima kunjungan, Bupati Garut H Rudy Gunawan mengatakan, dari kunjungan kerjasama ini keuntungannya buat Kabupaten Garut adalah, para petani akan mendapatkan bibit-bibit yang berkualitas, sehingga nanti produksi bawang putih khususnya yang sekarang hanya 1,8 ton, nanti bisa diatas 10 ton. Saat ini kelemahan di Garut bibit bawang putih sekarang kurang bagus.

“Korea ini mau mengajarkan bagaimana membuat bibit dalam kurtur jaring dan kerjasama ini terus menerus. Ini payungnya kan dari Pemerintah Pusat, diharapkan teknologi dari Korea ini dikita nanti berjalan. Pertama dalam efisiensi air, kedua efisiensi pupuk, ketiga tanaman yang mempunyai ketangguhan terhadap hama penyakit,” ucap Rudy.

Dilanjutkan Rudy, di Korea ini ada CSR dan mereka memberikan bantuan hibah ke Kabupaten Garut karena itu teknologinya disebar, dan memang politik di negaranya seperti itu. Malahan para petani Garut bisa belajar disana dan ini sifat anggarannya hibah.

Bupati juga berencana ingin mengembangkan laboratorium besar kerjasama dengan PTPN VIII, untuk tiga komoditi unggulan, diantaranya di holtikultura khusunya kentang dan bawang putih juga menyangkut tanaman Strawberry dan tanaman eksotis yang bisa di ekspor.

“Ini akan dikerjasamakan dengan PTPN VIII. Jadi kerjasamanya, Pemda Garut, Pemerintah Disana juga pengusaha disana dan pengusaha di Garut, dan ini program dari Pemerintah Pusat,” tandas Rudy.

Disinggung mengenai kerjasama pengolahan sampah Rudy mengatakan, bahwa untuk kerjasama masalah sampah dengan Korea dan China, itu dibawah Koordinasi Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman.

“Kalau untuk masalah pengolahan sampah, itu kerjasama Korea dan China, ini dibawah koordinasi Wakil Bupati,” pungkasnya. (Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *