Dinas Peternakan Garut, Salurkan Bantuan Hibah Sapi Potong

FOKUS, SEPUTAR GARUT2,821 views

 

HARIANGARUTNEWS.COM – Transfaransi penyaluran bantuan hibah ternak sapi, sebanyak 7 Kelompok Tani (KT) penerima bantuan tahun 2019. Hadir dalam proses seleksi dan verifikasi sapi potong, yang berlangsung di Desa Cirapuhan, Kecamatan Selaawi, pada Rabu (2/10/2019).

Adapun anggaran yang digelontorkan Pemerintah Kabupaten Garut melalui APBD  tahun 2019, untuk bantuan ternak sapi sebesar Rp 912. 555.000,-. Yang mana setiap kelompok langsung menerima barang berupa sapi potong.

Dalam proses seleksi dan verifikasi sapi potong yang akan disalurkan pada 7 kelompok tani, dihadiri oleh Kepala Bidang Peternakan, Aep Asmulloh yang juga Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) serta PPTK, Lukman, tim kesehatan hewan yang langsung di pimpin dr. Agustin serta pihak pengusaha yang menjadi pemenang lelang, yakni CV. Arohman.

Berdasarkan pantauan, satu persatu sapi potong tersebut di periksa kesehatan serta spesipikasi yang telah ditentukan. Yang mana tim kesehatan hewan Dinas Peternakan Kabupaten Garut, dr. Agustin serta Kepala Bidang Peternakan, Aep Asmulloh langsung turun tangan dalam proses verifikasi tersebut.

Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Peternakan Kabupaten Garut, Jawa Barat, Aep Asmulloh, mengatakan kegiatan verifikasi dan seleksi bantuan hibah sapi potong dilakukan untuk keterbukaan terhadap masyarakat, khususnya pada penerima bantuan. Jangan sampai bantuan ternak sapi potong yang disalurkan tidak sesuai dengan spesipikasi.

“Kami bersama pengusaha berupaya semaksimal mungkin untuk transfaransi pada publik termasuk pada kelompok tani yang menjadi penerima bantuan ini,” ujarnya, Rabu (2/10/2019).

Dikatakan Aep, secara keseluruhan sapi potong yang akan diberikan pada penerima semuanya sudah sesuai dengan spesipikasi barang. Yang mana dari segi usia yang siap di kawinkan, kesehatan hewan, termasuk usianya. “Sangat puas melihat sapi yang akan diberikan pada kelompok tani,” ucapnya.

Aep menuturkan, ke tujuh kelompok tani yang akan menerima bantuan ternak sapi potong diantaranya, kelompok Tani Mukti Kecamatan Cibalong, kelompok Harapan Tani Kecamatan Karangtengah, kelompok Munggaran Kecamatan Cisompet, kelompok Nugraha Kecamatan Cisompet, kelompok Putra Harapan Kecamatan Garut Kota, kelompok Berkah Tani Kecamatan Mekarmukti dan kelompok Parabon Kecamatan Cibalong.

Ia berharap dengan adanya bantuan ternak sapi potong, bisa meningkatkan perekonomian dan menjadi salah satu kelompok penyedia daging sapi di Kabupaten Garut. Pungkasnya. (Firman)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *