Rina Achlan Pimpin JaDe 2019, Bupati Garut Sumbang Tiga Bus

FOKUS2,181 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Jambore bukan hanya milik Pramuka atau organisasi-organisasi lainnya, para kepala desa dan lurah se Jawa Barat akan menggelar Jambore Desa dan Kelurahan Tahun 2019 dalam judul Jambore Desa (JaDe) untuk kali kedua pada Jumat-Sabtu 27-28 September 2019 mendatang di‎ Lapang Desa Sidaharja, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis. Hal tersebut disampaikan Ketua Pelaksana Jade Kabupaten Garut, Rina Achlan, usai menggelar audensi bersama Bupati Garut, Senin (23/09).

Rina mengatakan, Jambore Desa tersebut  menjadi momentum penting sekaligus ajang silaturahmi bagi semua pihak, terutama bagi Pemerintah Desa, Pendamping Desa dan aktivis Desa untuk kembali meneguhkan komitmen dalam membangun dan memberdayakan masyarakat Desa. Sejumlah kegiatan, imbuh Rina, seperti Lomba Cepat Tepat, Ngaliwet Day, Dialog Spesial, hingga Festival Layang-Layang akan digelar pada Jade yang berlangsung hingga Sabtu 28 September 2019.

Panitia Jambore Desa Kabupaten Garut menggelar auden bersama Bupati Garut, Senin (23/09).

“Jade ini sebagai wadah untuk mencari rumusan solusi permasalahan pembinaan Desa dan kelurahan. Ini menjadi spirit membangun dari pinggiran. Desa tak bisa dianggap lagi terbelakang, hingga primitif. Desa harus menjadi pengharapan kemajuan masyarakat kedepannya, dan Jade ini adalah jembatannya. Desa menjadi ujung tombak utama pembangunan. Alhamdulillah setelah bertemu dengan Bupati Garut, beliau mendukung kegiatan ini dengan menyumbang tiga bus yang akan diberangkatkan di halaman Pendopo pada Jumat (27/09) besok,” ungkap Rina yang juga sebagai Pengurus Apdesi Kabupaten Garut.

Dikatakan Kepala Desa Pakenjeng Kecamatan Pamulihan ini, pihaknya mendorong kepada seluruh para Kepala Desa dan Kelurahan se Kabupaten Garut untuk turut andil dalam kegiatan yang digelar sejak tahun 2017 tersebut. Bahkan untuk menunjukan keseriusannya, Rina telah membuat seragam batik khusus untuk para peserta yang akan ikut ke acara JaDe Tahun 2019 itu.

Ketua Panitia JaDe, Rina Achlan, menyerahkan batik kepada Bupati Garut yang akan digunakan para Kepala Desa di acara JaDe 2019.

Sejalan dengan itu, Bupati Garut H Rudy Gunawan SH MH, mengatakan Jambore Desa ini menjadi forum pertemuan yang membuktikan bahwa Dana Desa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Desa.

“Para Kepala Desa, Pendamping Desa dan pegiat Desa se Jawa Barat akan berkumpul di forum Jambore Desa ini untuk menyatakan komitmen mereka membangun Desa dan memberdayakan masyarakat Desa untuk  mencapai kemakmuran dan kemandirian Desa. Untuk mendukung kegiatan ini insya Allah Pemkab Garut akan memfasilitasi tiga bus untuk keberangkatan ke Ciamis,” terang Bupati Garut.

Oleh sebab itu, lanjut Bupati, kebijakan Pemerintah terkait Dana Desa, pihaknya berterima kasih atas kerjasama dan sinergitas dari semua pihak sehingga  Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa di Kabupaten Garut dapat terlaksana dengan baik.

Rencananya, Jambore Desa Tahun 2019 ini akan dihadiri oleh Kepala Desa dan Kelurahan se Jawa Barat dengan dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Barat dengan dihadiri tamu undangan dari Kemendagri, Kemendes, Kejati, PMK dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *