Perpisahan Kapus Sarat Prestasi, Tinggalkan Kesan Bagi Pegawai dan Masyarakat Pameungpeuk Garut

FOKUS1,732 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Setelah tujuh tahun mengabdi melayani pasien di UPT Puskesmas Pameungpeuk, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, kini Dadang Suryana Diningrat S.IP, S., Kep. Ners., M.Si., MM.Kes akan menjejakan kaki ke Puskesmas Cikelet. Kepala Puskesmas ni dikenal sosok yang baik, ramah dan bertangan dingin dihadapan pasien.

Saat dirinya sedang mengikuti acara perpisahan  sekaligus menerima kunjungan Tim Penilaian Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Berprestasi Provinsi Jawa Barat, Jumat (20/09), sejumlah pegawai Puskesmas Pamengpeuk serta masyarakat yang ikut hadir terlihat sedih dan terharu setelah Ia menyampaikan kesan pesannya.

Seorang bidan yang bertugas di Puskesmas Pameungpeuk, Asri Nurdiani merasa berat hati harus ditinggalkan pimpinan yang selama tujuh tahun mengayominya.

“Kapus ini ramah sekali selama bertugas dia tidak pernah membeda-bedakan masyarakat apapun statusnya,” kata Asri Nurdiani, S.ST, seorang bidan yang bertugas di Puskesmas Pamengpeuk, saat  di konfirmasi di sela-sela acara sedang berlangsung.

Menurut Asri, dengan sikap dan prilakunya  yang ramah membuat masyarakat terkesan kehilangan Kepala Puskesmas  yang santun itu. Kapus Dadang, imbuh Asri, merupakan pimpinan yang baik, yang selalu mengayomi semua pegawai dan selalu meningkatkan mutu pelayanan di Puskesmas Pameungpeuk.

“Beliau kerap turun ke lapangan bersama manakala ada kegiatan atau program kesehatan masyarakat. Jadi tentu sangat disayangkan kalau dia pindah, mudah-mudahan yang akan menggantinya akan lebih baik lagi. Ya, harapan untuk Kepala Puskesmas yang baru bisa meningkatkan yang lebih baik dari sekarang,” pungkas Asri.

Dalam kesempatan yang sama, Nining warga Leuwi Nanggung RT 02/09, Desa Paas, Kecamatan Pameungpeuk, saat dirinya sedang menunggu antrian menuturkan, bahwa pelayanan di Puskesmas Pameungpeuk dinilai baik, mulai dari kepala, dokter, hingga perawatnya.

“Ya saya dengar pak Dadang mau pindah ke Puskesmas Cikelet. Beliau orang baik. Semua pegawai mulai dari kepalanya, dokternya, perawatnya juga baik-baik. Semoga saja kepala puskesmas yang baru bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi,” tandas Nining.

Sementara Dadang mengungkapkan, dirinya juga merasa terkesan dengan warga Kecamatan Pameungpeuk selama bertugas melayani pasien, dia menyebut masyarakat Pameungpeuk merupakan warga yang baik dan sopan. Kapus Dadang juga berhasil mengantarkan Puskesmas Pameungpeuk menjadi terakreditasi madya pada tahun 2016 dari Kementrian Kesehatan RI.

“Warganya ramah, lintas sektoral, semua sehingga teman-teman juga mendukung terselenggaranya Puskesmas ini, sampai bisa terakreditasi,” ujarnya.

Untuk itu kata dia, setelah dirinya  meninggalkan puskesmas tersebut, Ia menghimbau kepada masyarakat agar tetap memperhatikan pola hidup sehat.

“Harapan saya agar masyarakat menjaga kesehatan dan tetap berobat ke Puskesmas ini. Kan nanti ada pengganti saya jadi pelayanan tetap berjalan seperti biasa. Pengganti saya yakni Pak Dani yang kemaren menjabat sebagai Kapus Cibalong juga seorang pemimpin yang baik dan cekatan,” pungkas Dadang.

Selama tujuh tahun menjabat di Puskesmas Pameungpeuk, tidak sedikit prestasi yang diraih Kepala Puskesmas yang dicintai masyarakat Pameungpeuk. Tampak beberapa piagam penghargaan terpampang di ruangan kerjanya diantaranya Piagam Penghargaan Atas Evaluasi Pelayanan Publik Tahun 2018, Juara I Penilaian Citra Pelayanan Prima (CPP) Tahun 2013 dan 2015, Juara I Puskesmas Berprestasi Tingkat Kabupaten Garut Tahun 2018 dan lainnya. (Yanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *