Kerap Tergenang Air, Dinas PUPR Garut Perbaiki Jalan Banyuresmi

FOKUS, SEPUTAR GARUT1,189 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Jalan di Kecamatan Banyuresmi milik Kabupaten Garut, tepatnya dengan Situ Cikukuk, yang selama ini rusak parah kini mendapatkan perbaikan. Nampak terlihat para petugas PUPR tengah melakukan perbaikan jalan dengan sistem Lapisan Penetrasi Macadam (Lapen).

Selain diperbaiki dengan sistem Lapen, kontruksi jalan yang tadinya sejajar kini dinaikan beberapa centi meter. Hal ini dilakukan untuk menghindari genangan air saat musim penghujan. Jalan tersebut kerap terjadi kerusakan, jika musim hujan turun dan tergenang air, sehingga walaupun sudah di lapisi aspal kembali jika air hujan turun kembali mengelupas.

Hamdani (37) warga setempat mengatakan, sudah beberapa pekan ini petugas PUPR tengah melakukan perbaikan jalan di sepanjang jalan KH. Hasan Arif, tepatnya di Kecamatan Banyuresmi.

“Jalan ini memang sering mendapatkan perbaikan dengan sistem pengaspalan untuk menutupi lubang. Tapi sekarang dengan menggunakan sistem Lapen dan sedikit dinaikan,” kata Hamdani, Selasa (27/08).

Lanjut Hamdani, mudah-mudahan dengan perbaikan sistem Lapen dan sedikit dinaikan, jalan ini kondisinya mulus, jadi tidak akan terjadi lagi genangan air seperti yang terjadi sebelum-sebelumnya.

“Dengan sistem perbaikan yang sekarang tidak akan terjadi lagi genangan air lagi jika musim hujan,” ucapnya.

Hal Senada dikatakan Andri salah satu pengguna jalan, dengan perbaikan jalan yang dilakukan oleh PUPR di jalan ini tidak akan lagi ditemukan lobang kaya kubangan.

“Sekarang jalan sudah mulai baik dan normal digunakan, apalagi jika nanti sudah selesai diperbaiki,” singkat Andri.

Sementara Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas PUPR Kabupaten Garut, Hari Hardiman mengatakan, salah satu prioritas jalan yang sedang diperbaiki, adalah Jalan KH Hasan Arif tepatnya di Kampung Cipicung dan Cibudug, karena ruas jalan tersebut sering dilalui pengendara.

“Jalan yang saat ini diperbaiki merupakan jalan utama dari Kecamatan Limbangan, Cibatu untuk menuju Kota Garut dan setiap hari dilalui oleh pengendara,” ucap Hari.

Dijelaskan Hari, sistem Lapen untuk perbaikan jalan tersebut merupakan pemeliharaan yang sumber dananya dari APBD Garut tahun 2019. Bukan jalan itu saja yang saat ini diperbaikai dan dilakukan pemeliharaan, melainkan jalan Kabupaten yang kondisinya rusak serta berlubang kini sedang dalam tahap perbaikan. Pungkasnya.

Reporter   : (Hidayat)***

Editor       : Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *