MTQ Tingkat Desa Mekargalih Garut, Gali Potensi Terpendam

FOKUS, SEPUTAR GARUT1,511 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Desa Mekargalih, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut yang digelar di Pondok Pesantren Al-Falah Biru, Kamis (21/08) berlangsung lancar. Nampak antusias masyarakat menyaksikan prosesi pembukaan yang diisi dengan pawai Ta’aruf, penampilan Marawis dan pencak silat.

Ketua MUI Desa Mekargalih, sekaligus pengasuh pondok pesantren Al Falah Biru Garut menuturkan, terlaksananya Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Desa Mekargalih adalah sebagai realisasi program kerja MUI desa Mekargalih yang didukung penuh oleh Pemerintah desa Mekargalih.

“Kegiatan MTQ ini tentunya untuk mengangkat motivasi anak anak supaya cinta kepada Al-Qur’an dan untuk persiapan menjelang MTQ di tingkat Kecamatan Tarogong Kidul,” tutur Ketua MUI.

Dikatakan KH Khoer, kita MUI terbentuk di desa Mekargalih, untuk menjaring potensi potensi dari wilayah Mekargalih. Pihaknya berharap kegiatan seperti saat ini akan menjadi agenda rutin setiap tahunnya.

“Harus berkesinambungan dari tahun ke tahun, tidak akan ada jeda di tiap tahun menyambut hijriah pasti harus diadakan MTQ,” tegasnya.

Dikatakan KH Khoer, kegiatan begitu semarak dan penuh semangat seperti baru pertama kali di adakan ditingkat desa, sekarang ini belum ada setingkat desa mengadakan kegiatan MTQ, namun baru di wilayah desa Mekargalih. Di tingkat Kabupaten nanti, kata Ketua MUI, yang mewakili kecamatan tarogong kidul itu bisa 50 persen adalalah Desa Mekargalih.

“Ini potensi yang sudah lama terpendam, insyaallah mulai saat ini dibangkitkan lagi,” bebernya.

Sementara, PJs Kepala Desa Mekargalih Idad Badrudin SE, menjelaskan, pelaksanaan kegiatan MTQ ini dalam acara memperingati HUT RI Ke-74 dan menyambut Tahun Baru Islam 1441 Hijriah.

“Dalam rangka Kemerdekaan RI ke 74, dengan sumber daya manusia yang unggul Indonesia maju, saya yakin dengan terselenggaranya MTQ akan melahirkan SDM yang unggul dan siap untuk bisa bersaing di 421 desa,” Ucapnya

Lanjut Idad, Kegiatan ini merupakan salah satu program MUI Desa Mekargalih dan untuk mempersiapkan calon calon peserta MTQ tingkat Kecamatan yang sebentar lagi mengahadapi MTQ tingkat Kabupaten mendatang.

“Penyelenggaraan lomba-lomba MTQ tingkat Desa ini untuk menjaring bibit-bibit unggul MTQ Putra putri, Qori -Qori’ah, Hafiz-hafizah bagi wilayah Desa Mekargalih, dimana di bulan Oktober pemerintah kabupaten Garut akan menyelenggarakan MTQ tingkat Kabupaten yang akan dilaksanakan di kecamatan Garut kota dan berharap akan terwakili 50 persen dari desa Mekargalih,” Paparnya

Idad mengaku, tahapan penjaringan ini juga selain program MUI desa Mekargalih, juga salah satu program camat Tarogong Kidul yang telah purnabakti Bu Hj Lilis Nety kala itu.

Dari data kepanitiaan, Peserta MTQ ini diikuti 143 peserta yang dibagi menjadi beberapa tingkatan, pertama untuk tingkat Anak anak TK – SD usia 7 sampai 12 tahun,, tingkat Remaja SLTP – SMA 13 sampai 19 tahun dan tingkat Dewasa usia dari 20 sampai 30 Tahun.

Reporter   : (Ndy)***

Editor        : Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *