Kunjungi Sekolah, Petugas Kesehatan Lakukan Program BIAS

FOKUS, SEPUTAR GARUT1,776 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Suasana di ruang SDN Mekarjaya 2, Desa Mekarjaya Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut, terlihat riuh ketika petugas medis berseragam biru, terlihat memasuki area sekolah, Rabu (21/08). Respons para siswa pun aneka rupa, ada yang biasa saja ada pula yang menangis.

Bidan Desa Mekarjaya, Sri Waluyanti Sandi, Amd Keb, menuturkan, semua petugas kesehatan secara nasional melaksanakan imunisasi ini, yang diberikan pada anak sekolah, dengan istilah program, Bulan Kegiatan Sekolah (Bias).

“Seiring bertambah usia, sistem kekebalan tubuh anak juga meningkat. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan mereka terserang penyakit infeksi lain di usianya yang kian bertambah,” ucap Sri, Rabu (21/8/2019)

Dilanjutkan Sri, di Indonesia sendiri, telah ada jadwal imunisasi lanjutan yang diperuntukkan bagi anak usia sekolah yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI.

“Jenis imunisasi anak usia sekolah yang dicanangkan d Indonesia adalah diphtheria tetanus (DT), campak, dan tetanus diphteria (Td). Kelas 1 SD, diberikan imunisasi campak dengan waktu pelaksanaan setiap bulan Agustus dan imunisasi diphteria tetanus (DT) setiap bulan November,” terang Sri.

Ditempat terpisah petugas Puskesamas Sukamulya, Yanti Purmayanti Amd Keb, menjelaskan, pada dasarnya imunisasi adalah kegiatan pencegahan. Imunisasi dilakukan agar seseorang terhindar dari penyakit infeksi atau meringankan gejala penyakit tersebut. Metode ini merupakan metode pencegahan yang paling efektif dan murah dalam mengatasi penyakit.

“Selain menjaga dari serangan infeksi virus, imunisasi anak juga dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif serta menjaga status gizinya agar tetap baik,” Tutur Yanti kepada media.

Reporter    : (Mahdi)***

Editor        : Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *