Sang Srikandi DPRD Garut, Gerakan Posyandu Cegah Stunting

FOKUS, SEPUTAR GARUT1,480 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Peranan Posyandu di Kabupaten Garut sangat besar dan menjadi garda terdepan, dalam memaksimalkan upaya pencegahan Stunting. Setiap kader posyandu harus telaten dalam memberikan asupan gizi terhadap anak-anak yang masih menyusui.

Anggota DPRD Garut, Dila Nurul Fadilah, disela kunjungannya di Posyandu Kampung Sindangsari, Desa Ciburial, Kecamatan Leles Kabupaten Garut, menuturkan bahwa kader posyandu adalah garda terdepan, dan punya peranan penting dalam pencegahan Stunting.

“Posyandu merupakan salah satu garda terdepan dalam upaya pencegahan stunting, termasuk peranan orang tua dalam memberikan asupan gizi pada anaknya,” ujar Dila Nurul Fadilah, Selasa (20/08).

Dila menjelaskan, diantara Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Garut ini berdasar data, angkanya paling tinggi. Dan untuk antisipasi dan pencegahan stunting, peranan Pemkab Garut diperlukan, termasuk memberikan bantuan, Pemberian Makanan Tambahan (PMT).

“Barusan saya melihat kader posyandu dalam memeriksa kesehatan anak-anak yang masih menyusui, termasuk dalam memberikan PMT,” katanya.

Kendati pun sibuk kegiatan karena sudah menjadi Anggota DPRD, meninjau kegiatan posyandu dalam memberikan pelayana kesehatan, akan terus dilakukannya,

“Ini kan sudah menjadi kewajiban sebagai wakil rakyat, untuk melihat secara langsung pada kader posyandu dalam memberikan pelayanan kesehatan anak,” beber Dila.

Anggota DPRD Garut Periode 2019 -2024 ini juga berpesan, untuk terhindar masalah stunting, agar para kader posyandu dan orang tua untuk memberikan asupan gizi yang baik pada anaknya.

“Salah satu stunting adalah dari asupan gizi yang kurang baik. Balita sejak dini harus diberikan makanan yang baik proteinnya dan vitaminnya,” pungkasnya.

Reporter    : (Daus)***

Editor         : Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *