Langkah Tegap Organisasi Gagak Lumejang Melestarikan Budaya Leluhur dan Kegiatan Sosial

SEPUTAR GARUT2,428 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Organisasi Gagak Lumejang mengukuhkan kehadirannya di tengah-tengah masyarakat melalui acara deklarasi dan pengukuhan pengurus Gagak Lumejang Tingkat Nasional di Kp. Ciparay Desa Lebakjaya Kec. Karangpawitan Kab. Garut, Senin (19/8/2019). Ribuan orang menghadiri acara tersebut. Mereka berasal dari 5 Kab./Kota se-Jawa Barat, beberapa provinsi, Forkopim Kec. Karangpawitan, dan lain-lain.

Keberadaan organisasi Gagak Lumejang yang telah mengantongi SK Kemenkum HAM ini sangat erat kaitanya dengan masyarakat . Diantaranya, dalam rangka meningkatkan kecintaan terhadap budaya  dan situs peninggalan para leluhur yang sudah hampir punah di berbagai daerah . Gagak Lumejang Nasional akan bergerak dan bersinergi dengan Pemerintah dalam melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan sosial dan pembangunan makam keramat.

“Nu jauh dideketkeun, geus deukeut dipaheutkeun, geus paheut urang silih asah silih asih silih asuh tur silih wangikeun. Yang artinya, yang jauh didekatkan, sudah dekat dieratkan, kalau sudah erat kita saling mengingatkan saling mengsihi saling menolong saling menghargai satu sama lain demi mencapai satu tujuan,” tutur Ketua Umum Organisasi Gagak Lumejang, Moh. Wahyu Yunus MD yang biasa dipanggil Abah Wahyu di sela-sela acara.

Ketua Umum Organisasi Gagak Lumejang, Moh. Wahyu Yunus MD yang biasa dipanggil Abah Wahyu

Dilanjutkannya, organisasi Gagak Lumejang sudah melaksanakan berbagai kegiatan. Diantranya  perawatan, pembersihan, dan penataan serta membangun beberapa Tempat Pemakaman Umum (TPU); pembangunan jamban umum, saluran air, dan kegiatan sosial lainnya yang berkitan dengan masyarakat. Semua pekerjaan dilaksanakan oleh anggota Gagak Lumejang tanpa minta bantuan dari pihak manapun. Hanya mengandalkan sumbangan dari anggota.

“Harapannya  semoga semua situs keramat  pemakaman umum serta budaya di lingkungan kita bisa semakin terawat dan terjaga keasliannya. Sehingga akan lebih berarti buat pemerintah dan warga masyarakat yang membutuhkannya,” katanya. (Tim)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *