Ikut Pameran HKP Tingkat Kabupaten Garut, Kopi Talaga Bodas Optimis Tembus Pasar

FOKUS1,237 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Sebagai wujud apresiasi dan penghargaan kepada para petani, peternak dan pekebun, serta seluruh pelaku pertanian, yang telah bekerja keras menyediakan pangan bagi seluruh rakyat dan menghasilkan berbagai komoditas produk pertanian, ratusan petani dan pelaku usaha pertanian Se-Kabupaten Garut mengikuti pameran sekaligus perlombaan pada Peringatan Hari Krida Pertanian tingkat Kabupaten Garut yang Ke-47, Selasa (20/08).

Salah satunya yang mengikuti pameran dari Kelompok Tani Andalan (KTNA) Kecamatan Pangatikan yang membawa berbagai prodak unggulan seperti Tembakau, Jeruk, Cabai, Kol, Kentang, Jagung dan prodak yang baru di budidayakan yakni Kopi Arabika yang yang ditanam di kawasan Gunung Talaga Bodas.

Ketua KTNA, H Syukur didampingi bendahara Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Desa Sukahurip, Kecamtan Pangatikan, Siti Nurwida Ningsih, menuturkan, luas lahan yang dibudidayakan Kopi di Desa Sukahurip, Kecamatan Pangatikan dari 50 hektar sekitar 30 Hektar sudah dipanen dan hasilnya sudah bisa dinikmati.

“Kopi unggulan kami diantaranya jenis atau type coffe bean, roasted bean, graund Coffe, full wash, Honey dan Natural. Kami yakin, Kopi kami akan menembus pasar,” ujar Syukur saat ditemui di standnya, Selasa (20/08).

Ditempat yang sama, Ketua LMDH Talaga Hurip Kecamatan Pangatikan, H Ubad menyampaikan, budidaya Kopi di Sukahurip sudah di mulai sejak tahun 2010 dan sudah memiliki merek Kopi Talaga Hurip. LMDH, kata Ubad, membina lima kelompok tani Kopi yang di tanam di kawasan gunung talaga Bodas.

Sementara Bupati Garut, H Rudy Gunawan SH MH, yang membuka acara Peringatan Hari Krida Pertanian Ke-47 menyampaikan, acara yang akan di gelar pada 20-21 Agustus 2019 di halaman Gedung Pendopo, Kabupaten Garut ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah Kabupaten Garut terhadap para petani.

“Kami sangat mengapresiasi, para petani dalam upaya meningkatkan kepemimpinan dan kemandirian petani dan nelayan melalui wadah KTNA, terus meningkatkan motivasi, pengetahuan dan keterampilnya  dalam mewujudkan kemandirian pangan,” ujar Bupati Garut.

Rudy berharap pameran ini nantinya akan banyak dihadiri oleh masyarakat umum khususnya kaum pelajar sekolah tingkat menengah, kalangan petani, dan seluruh pihak yang mempunyai perhatian penuh terhadap dunia pertanian di Kabupaten Garut, pungkasnya. (Irwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *