Bupati Garut : Pemancangan Bambu Runcing Di Pusara Makam Pahlawan Hj. Dewi Kuraesin Salah Satu Penghormatan

FOKUS, SEPUTAR GARUT1,954 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pemancangan bambu runcing dengan diikat bendera merah putih secara simbolis dilakukan oleh Bupati Garut Rudy Gunawan dan disaksikan oleh seluruh masyarakat yang hadir dan keluarga pahlawan tahun 1945 Alm. Hj. Dewi Kuraesin yang wafat pada tahun 2018 lalu.

Pemancangan kali ini dilakukan menjelang hari kemerdekaan RI Ke 74, Bupati Garut Rudy Gunawan di dampingi Sekretaris Daerah Garut, Ir. Deni Suherlan, bertempat di makam pahlawan tahun 1945 di Kecamatan Kersamanah, Kabupaten Garut, Jawa Barat,

“Pemancangan bambu runcing diatas pusaran makam pahlawan di Kabupaten Garut merupakan yang ke 200 dan pada tahun ini hanya satu pemancangan, yakni di makam Hj. Dewi Kuraesin,” ujar Bupati Garut, Rudy Gunawan, saat ditemui usai melakukan pemancangan bambu runcing.

Dikatakan Rudy, pemancangan bambu runcing di atas makam pahlawan dilakukan setelah melalui proses verifikasi dan konsultasi dengan DHD Provinsi Jawa Barat. “Kita tidak asal-asalan semua pahlawan yang dipasang bambu runcing di atas pusarannya telah melalui verifikasi,” ucapnya.

Ia menuturkan, Hj. Dewi Kuraesin merupakan salah satu pejuang yang ikut mempertahankan NKRI saat di jajah. Yang mana beliau saat itu bertugas sebagai petugas Dapur Umum (DU) dan menyiapkan logistik bagi para pejuang.

“Pahlawan tidak mesti menandu senjata dan ikut bertempur, melainkan tugas mulia sebagai petugas DU dan penyiapan logistik merupakan salah satu pahlawan,” katanya.

Ia mengaku, seluruh pahlawan perempuan asal Garut selain mendapatkan penghargaan dengan dipancangkannya bambu runcing di atas pusaran. Pemerintah Kabupaten Garut memberikan gelar “Nyi Mas” bagi mereka yang telah berjuang.

Reporter   : (Tresiyana)***

Editor       : Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *