Komunitas Generasi, Kumpulan Artis Lokal yang Kerap Gelar Aksi Sosial dan Promosikan Wisata Garut

MENARA GARUT1,233 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pentas dangdut selalu jadi bagian dari sebuah hajatan, terutama di perkampungan. Seperti yang tampak pada Sabtu (10/08) di Kampung Kudang, Desa Sukaresmi, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut, sejumlah pemuda-pemudi berseragam kaus warna biru terlihat sedang manggung di lokasi hajatan guna merayakan Hari Ulang Tahun istri dari ketuanya. Kelompok pemuda-pemudi ini menamakan diri dari Komunitas Garut Entertainment Artis dan Musisi (GENERASI).

Nendi Rudiana sebagai Ketua GENERASI, disela-sela syukuran menuturkan, komunitas ini bergerak bukan saja pada dunia tarik suara, tetapi juga pada bidang sosial kemanusiaan. Pihaknya bersama pengurus yang lain kerap membantu warga yang tidak mampu atau menyerahkan santuan kepada anak yatim piatu. Anggota GENERASI, kata Nendi, tersebar di berbagai daerah di Kabupaten Garut.

Ketua GENERASI, Nendi Rudiana.

“Kebetulan hari ini bertepatan dengan Hari Ulang Tahun istri tercinta saya, mamah Cucu Nurhayati yang Ke-36. Sementara fokus utama komunitas GENERASI ini adalah bekerja sama dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat terutama dalam bidang kesenian. Namun kami juga selalu peka terhadap kondisi lingkungan terlebih kepada warga yang tidak mampu atau anak-anak yatim. Dalam perkembangannya, Komunitas GENERASI menggandeng sejumlah pihak. Mulai dari pemerintah, tokoh, media dan artis,” katanya, Sabtu (10/08).

Selain itu menurut dia, GENERASI juga mengemban misi ikut berpartisipasi dalam upaya memperkenalkan, mempromosikan potensi kebudayaan dan pariwisata yang ada di Kabupaten Garut. Tujuannya tidak lain adalah menjadi bagian dari potongan puzzle untuk memajukan masyarakat melalui seni budaya.

“Para artis ini adalah duta bagi komunitas kami. Mereka adalah figur yang sudah akrab dengan masyarakat, bahkan dari GENERASI ada salah satu artis yang lolos di ajang Kontes Dangdut Indonesia (KDI). Selain itu komunitas GENERASI ini juga sudah saya daftarkan ke Dinas Pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Garut,” papar Nendi yang juga sebagai ASN di lingkungan Pemkab Garut dan menjabat Dewan Redaksi di salah satu media lokal Garut.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut, H. Budi Gan Gan, SH, M. Si, mengapreasi gebrakan dari Komunitas GENERASI tersebut. Musik itu, kata Budi, adalah universal. Dan Komunitas GENERASI mampu mempersatukan keberagaman. Musik itu menembus batas-batas ruang, kebudayaan, ras, agama dan sebagainya.

“Artis yang tergabung di Komunitas GENERASI ini bisa menjadi sebuah marketer dan menjadi promotor. Artinya mereka bisa menjual dan mempromosikan Pariwisata dan Kebudayaan yang di Kabupaten Garut,” pungkas Kadis Parbud melalui telepon selulernya. (Igie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *