Sasak Gantung Geblug Penghubung Cibatu-Cibiuk Garut Diperbaiki Paskhas TNI AU

FOKUS, PESONA GARUT2,427 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Sasak gantung atau jembatan gantung Gebluk yang menghubungkan wilayah kampung Cileles desa Cibunar kec. Cibatu dengan kampung Babakan Serang desa Cibiuk Kaler sedang diperbaiki oleh para relawan Vertical Rescue.
Sasak gantung tersebut yang semula terbuat dari bambu dan menjadi sarana transfortasi kedua wilayah, khususnya warga Cibiuk yang hendak berbelanja ke pasar Cibatu kini diperbaki menggunakan papan sebagai alas. Sementara penahan papan tersebut dipasang besi, termasuk kawat besi membentang untuk menambah kekuatan jembatan gantung itu.

Ditemui dilokasi petugas relawan pelaksana teknis, Oman Rusmana, menyebutkan biaya pembuatan jembatan gantung ini bersumber dari Paskhas TNI AU sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat. Sementara dirinya dan beberapa petugas merupakan relawan Vertical Rescue yang mengerjakannya.

“Target kita satu minggu selesai. Insya Allah hari senin tuntas dan rencananya akan diresmikan oleh pihak Paskhas TNI AU”, ujarnya, Sabtu (27/7/2019).

Lanjut Oman, relawan Vertical Rescue tidak meminta bayaran. Ini merupakan program Vertical Risque Ekpedisi 1000 jembatan gantung untuk Indonesia. Selama ini baru menyelesaikan 76 jembatan tersebar di Indonesia dan sasak gantung Gebluk sendiri yang ke 76. “Di Garut sudah 15 jembatan gantung yang diperbaiki diantaranya, Pakenjeng, Cikelet, Cikandang, Wanaraja, dan sejumlah jembatan lainnya. Vertical Risque pusatnya di Bandung, kami para relawan tersebar di Indonesia,” ungkapnya.

Sementara salahsatu tokoh masyarakat Cibiuk, Nino mengatakan merasa bersyukur atas diperbaikinya jembatan gantung Geblug tersebut. Dua wilayah antara Cibatu dan Cibiuk terpisah oleh sungai Cimanuk. Sementara jembatan gantung Geblug menjadi sarana akses vital untuk warga dalam beraktifitas khususnya kebutuhan ekonomi. “Sebagai rasa syukur kami warga turut membantu perbaikan jembatan ini. Termasuk warga Cibatu yang warganya dekat lokasi ini membantu pula,” katanya. (Tresyana)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *