Festival Kolecer Garut Warnai Hari Anak Nasional 2019

HARIANGARUTNEWS.COM – Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional, Kotak Literasi Cerdas (Kolecer) dibawah binaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Garut mengadakan Puncak Festival Kolecerpada, dipusatkan di Taman Kiansantang Jl. Papandayan Garut, Selasa (23/7).

Acara yang dimulai sejak pukul 14:00 WIB ini, dipenuhi oleh puluhan muda-mudi milenial Garut yang tergabung dalam berbagai komunitas pegiat literasi. Berbagai lomba yang telah dikompetisikan sebelumnya, pemberian penghargaan kepada para pemenang, turut mewarnai semarak festival. Diantaranya lomba melukis, lomba menulis cerpen, lomba menulis artikel, lomba menulis puisi dan lomba foto selfi di kolecer.

Acara dilanjut diisi juga dengan diskusi tentang teknik penulisan. Seluruh peserta tampak serius dan menikmati diskusi sore di taman kiansantang. Beberapa hal yang didiskusikan terkait motivasi dan niat menulis, perbedaan menulis (esai, novel, artikel dan puisi), dan bagaimana menulis plot yang asyik dan menyenangkan.

Banyak pihak yang telah ikut serta mendukung kegiatan Festival Kolecer Garut diantaranya, Smaftfreen Comunity, BizNet, Bank Mandiri, Bank BIJ Garut, Bank BJB Regional Garut, Bank Woori SauDara, Bank BPR Garut, Bank Arthagraha, Bank CIMB Niaga dan Toko Bagus Jaya (toko mainan).

Berbagai komunitas pegiat literasi juga ikut serta mensukseskan yaitu Relawan Kolecer Garut, Komunitas Pencinta Sastra Garut, Kompenas Garut, Komunitas Penulis Kreatif Garut, Komunitas Kreatif Visual Kreator dan Passthand Made Garut.

“Terimakasih banyak kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dan membantu secara nyata sehingga Festival Kolecer Garut bisa sukses diselenggarakan dengan baik. Banyak pihak yang telah membantu baik dari sektor swasta maupun berbagai komunitas pegiat literasi, itu merupakan hal positif untuk gerakan literasi yang bertujuan mewujudkan masyarakat garut yang literat”. Ucap Lisnawati selaku Kepala Dispusip Garut, Rabu (24/7/2019).

Dikatakan Lisna, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang positif untuk mewujudkan Garut yang literat. Kegiatan serupa juga terus digalakan oleh banyak penggiat literasi yang ada di Kabupaten Garut. Belum lama ini di adakan kemah literasi yang bertempat di Bungbunglang, Garut Selatan. (Tresiyana)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *