Tangani Sampah, Lurah Ciwalen Garut Kota Bingung Tak Dapat Solusi dari DLH dan DPRD

GARUT KOTA1,525 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Pemandangan tak sedap dengan berserakannya sampah, di depan pintu gerbang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 Garut, Jalan Gunung Payung, Kelurahan Ciwalen, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, dikeluhkan siswa. Pasalnya, tempat pembuangan sampah yang disimpan di samping dekat pintu gerbang sekolah, selalu penuh bahkan berhamburan kejalan dengan bau menyengat.

Siswa SMP Negeri 5 Garut, Natasya Oktavia Utami (15) mengeluhkan kondisi ini, tumpukan sampah yang berada disamping gerbang sekolah, akan mengganggu konsentrasi saat belajar, karena bau menyengat dari tumpukan sampah tersebut.

“Harusnya kan sarana pendidikan itu steril dari sampah, saya dan teman teman pasti terganggu baunya sampah, apalagi kalau sampah basah, ya jangan di dekat sekolah tempat pembuangannya,” cetusnya.

Sementara Kepala Kelurahan Ciwalen Agus, saat dikonformasi mengatakan, kendala sampah di Kelurahan Ciwalen memang dari dulu selalu jadi polemik, ketersediaan sarana Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang kurang pas penempatannya.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup bahkan ke DPRD Garut, untuk mencari solusi masalah sampah ini, namun belum ada jalan keluar,” ujar Agus.

Agus juga menjelaskan, permasalahan bertumpuknya sampah, karena banyak warga dari luar Kelurahan Ciwalen, yang membuang sampah ke wilayahnya. Ada empat TPS di Kelurahan Ciwalen termasuk salah satunya TPS yang di dekat SMP Negeri 5 Garut, yang seharusnya tidak pas karena dekat wilayah kegiatan belajar mengajar.

“Harus kemana lagi TPS tersebut dipindahkan, saya koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup, dari Dinas kembali ke saya, harus cari tempat pemindahan TPS, justru ini yang belum ada solusi karena tak ada tempat,” pungkas Agus.(Ndy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *