Manfaatkan Batu Sungai, Staf Desa dan Warga Cikarang Cisewu Gelar Gotong Royong Bangun Jalan

HARIANGARUTNEWS.COM – Tak hanya mengandalkan kucuran Dana Desa semata, warga masyarakat Kampung Koropas, Desa Cikarang, Kecamatan Cisewu Kabupaten Garut, demi memiliki jalan yang memadai warga masyarakat kerja bakti secara gotong royong untuk mengambil batu dari kali dari dasar sungai Cilaki. Walaupun menempuh medan jalan sangat terjal dan extrim, tapi secara sukarela berjibaku swadaya mengumpulkan batu kali untuk perbaikan badan jalan yang rusak dan akan di aspal dari penggunaan Dana Desa tahun 2019 sepanjang 1 kilo meter antara Kampung Cisanta sampai dengan Kampung Koropas.

Ketua RW 01 Dusun 02, Engkos Kosasih, ketika ditemui wartawan Hariangarutnews, Senin (08/7) menjelaskan, kerja bakti warga masyarakatnya sudah berjalan tiga hari berturut-turut untuk pengumpulan material batu kali.

“Kemungkinan kerja bakti ini bisa sampe lima atau tujuh hari, mudah-mudahan target 100 meter kubik bahan bisa terkumpul,” harap Engkos.

Ditempat terpisah Nana Suryana selaku Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Cikarang menerangkan bahwa, Dana Desa yang akan di alokasikan untuk pengaspalan jalan antara Kampung Cisanta sampai dengan Kampung Koropas adalah sebesar 300 juta rupiah, untuk jarak pengerjaan 1 kilo meter. Dan swadaya masyarakat pengumpulan dan pengadaan batu pecah untuk penguatan badan jalan.

“Karena pengaspalan diperkirakan butuh batu pecah sebayak 100 meter kubik dan ketersediaan dana hanya mampu untuk beli 57 meter kubik, warga sepakat siap swadaya pengadaan batu pecah untuk menutupi target sebanyak 43 meter kubik,” terang Nana kepada media (Bambang F – Iwan Suwandi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *