Sambut Tuan Rumah Porda 2022, Bupati Garut Siap Bangun Venue Aquatik

HARIANGARUTNEWS.COM – Kabupaten Garut siap menjadi tuan rumah cabang olah raga Aquatik (Renang, Loncat indah, Polo Air & Selam) dalam Pekan Olah Raga Daerah (Porda) Jawa Barat tahun 2022. Kesiapan tersebut dipastikan setelah Bupati Garut Rudy Gunawan SH MH menyetujui Surat Pernyataan Kesiapan membangun Sports Venue Aquatik yg juga ditandatangani Ketua KONI Garut Dr Ir H Abdusy Syakur Amin M Eng dalam Forum Audensi antara Pihak KONI Garut dan KONI Kota Tasikmalaya dengan Bupati Garut di Kantor Bappeda Garut, Senin (24/06).

Penandatanganan tersebut disaksikan Wakil Bupati dr. H. Helmi Budiman, Kadis PUPR Garut H. Uu Saefudin ST M Si, Sekretaris Bappeda Agus Ismail ST MT, serta Perwakilan Sekretaris Umum KONI Kota Tasikmalaya Drs Aan.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Garut menyatakan siap membangun fasilitas olah raga untuk Venue Aquatik yang akan digunakan dalam event Porda Jawa Barat 2022 nanti, bahkan beliau berharap dari cabor Aquatik ini Garut bisa mendulang medali emas apalagi Garut bertindak sebagai Tuan Rumah, ini momentum yg baik untuk mengukir prestasi, cetusnya.

“Kami sangat serius dalam memperispkan fasilitas inprastruktur venue aquatic, sebagai bentuk kesungguhan, mulai tahun 2020 mulai kami anggarkan, untuk saat ini kami mengharapkan dibentuk tim untuk melakukan survey ke lokasi venue aquatik yang dianggap memenuhi syarat bukan hanya kualifikasi nasional tapi internasional misalnya yang ada di UPI Bandung, tentunya semua pihak terkait akan kami libatkan selaian Bappeda juga SKPD terkait, KONI dan juga Cabor,” ungkap Rudy.

Sedangkan Ketua KONI Garut, Abdusy Syakur Amin, mengapresiasi kesediaan Bupati Garut meluangkan waktu untuk mengadakan audensi dengan KONI Kota Tasikmalaya dan jajaran KONI Garut. Syakur menyampaikan, dalam kesempatan tadi Bupati Garut menjelaskan kesiapanya dalam menjawab kepercayaan yang diberikan kepada Garut untuk menjadi tuan rumah Porda XIV 2022 khusus Cabor Aquatik.

“Kita berharap kedepan ada perkembangan yang positif agar Garut tidak hanya diberikan kepercayaan jadi tuan rumah cabor aquatik saja tapi cabor-cabor lain, harapan ini sejalan dengan kesiapan yang dikemukakan Pak Bupati tadi dimana di tahun 2022 semua venue Garut sudah siap,” ungkap Syakur

Saat dimintai komentar tentang rencana pembangunan Venue Aquatik, Syakur berharap KONI Garut bersama Cabor terkait dilibatkan bukan hanya dalam perencanaan tapi dalam kontrol dan pengawasan, karena Venue Aquatik mempunyai kekhasan baik spesifikasi, model, luas dan lainnha sehingga dalam proses penggunaanya benar-benar teliti supaya memberikan mamfaat yang maksimal.

“Seperti yang diungkapkan Pak Bupati tadi dibawah Satgas Bappeda serta PUPR, KONI dan Cabor diharapkan bisa membentuk Tim sehingga terbangun sinergitas dari mulai perencanaan sampai pelaksanaan pembangunan venue Aquatik tersebut,” tandasnya.

Sedangkan Sekretaris Umum Koni Kota Tasikmalaya Drs. Aan menjelaskan perihal kedatanganya ke Kabupaten Garut, dimana pihaknya sengaja melakukan kunjungan dalam rangka tugas melakukan verifikasi kesiapan Garut yang telah ditunjuk menjadi tuan rumah Porda XIV 2022 cabang olah raga Aquatik yang akan dilangsukan di 8 (delapan) Kabupaten Garut diantaranya Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Bandung Barat, Subang, Ciamis, Banjar dan Pangandaran.

Aan mengungkapan rasa syukur karena Garut terlihat sangat serius untuk menjadi tuan rumah porda 2022 cabang olah raga aquatik.

“Kami merasa bersyukur dan berterima kasih, kedatangan kami begitu disambuat antusias oleh para pejabat terkait di Kabupaten Garut selain bisa berkomunikasi langsung dengan Ketua KONI Garut kamipun bisa bertemu dengan Bupati dan Wakil Bupati Garut yang menyatakan kesiapanya untuk menyiapkan venue aquatic yang represntatif dan diakhir kunjungan, kami diajak meninjau langsung lahan yang telah disiapkan oleh pemkab Garut untuk pembangunan venue aquatic tersebut, ini sangat melegakan,” ungkap Aan. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *