Kali Pertama dalam Sejarah Garut, Bupati Lantik 2.500 Lebih Anggota BPD

FOKUS1,675 views

HARIANGARUTNEWS.COM – Bupati Garut, Rudy Gunawan SH MH MP, melantik Ketua dan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) periode 2019-2025 dari 41 Kecamatan di halaman Setda Kabupaten Garut, Senin (24/04). Acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman, Sekretaris Daerah Ir Deni Suherlan M si, Para Kepala Dinas, para Camat, Para Kepala Desa, para ASN di lingkungan Pemkab Garut serta Instansi Vertikal.

Bupati Garut dalam sambutannya mengaku sangat bangga dengan suksesnya pelantikan BPD yang disiapkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPDM) Kabupaten Garut tersebut. Bupati percaya bahwa anggota BPD akan melaksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang dibebankan kepada anggota.

“Agenda pelantikan BPD merupakan momentum strategis untuk mendayagunakan peran masyarakat dan dalam penyelenggaraan pemerintah Desa yang demokratis, akuntabel dan partisipatif. Terima kasih kepada anggota BPD periode lalu, yang selama ini telah bekerja dengan memberikan sumbangsih kepada masyarakat guna mendukung program pembangunan,” ujar Rudy.

Selanjutnya BPD, lanjut Rudy, memiliki tugas dan tanggung jawab yang penting dalam pelaksanaan program pemerintahan. BPD memiliki fungsi sangat penting dalam pembahasan dan penyepakatan rancangan peraturan Desa bersama Kepala Desa. Dalam sambutannya Bupati juga menuturkan, Pelantikan BPD kali ini merupakan sejarah di lingkungan Pemkab Garut.

“Ini yang pertama dalam sejarah Garut, pelantikan BPD sebanyak 3.000 anggota baru terjadi di halaman Setda Garut. BPD harus menjalankan fungsi yang bertugas menyalurkan dan menampung aspirasi masyarakat. BPD harus mampu memahami dan melaksanakan tugas dan fungsi sesuai regulasi, hal itu untuk menjalin komunikasi dengan komponen pemangku kepentingan di tengah masyarakat Desa,” katanya.

Dan acara tersebut dilanjutkan dengan penandatanganan sumpah dan perjanjian anggota BPD baru tahun 2019 – 2025 yang juga ditandatangani oleh Bupati Garut. Sekretrasis DPMD Kabupaten Garut, Asep Jaelani, mengatakan BPD yang dilantik terdiri dari 41 Kecamatan, 421 Desa, 2538 anggota BPD. (Gie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *