Antisipasi Masalah Kesehatan KPPS, UPT Puskesmas Tarogong Kaler Dampingi Rapat Pleno Pemilu

SEPUTAR GARUT1,618 views

Untuk mengantisipaso masalah kesehatan Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Kecamatan Tarogong Kaler, UPT Puskesmas Tarogong menerjunkan petugas PSC Sijeruk (Sistem Informasi Jaringan Rujukan) ke tempat rapat pleno Kecamatan Tarogong Kaler di Desa Sirnajaya, Senin (22/04/2019).

Menutu Camat Tarogong Kaler, Saefurrohman, pihaknya meminta kepada petugas kesehatan untuk mendampingi jalannya rapat pleno di Tarogong Kaler. Hal ini merupakan antisipasi, karena banyak petugas KPPS yang mengalami kekelahan karena kurangnya istirahat  akibat mengawal suara dari TPS hingga ke Kecamatan. “Banyak yang mengalami kelelahan karena kurang tidur,” tukasnya.

Dikatakannya, banyaknya kasus anggota KPPS yang dirawat karena sakit serta adanya kasus meninggal dunia dibeberapa daerah menjadi alasan Camat untuk meminta pendampingan  tim kesehatan.

“Kita meminta tim kesehatan, karena hampir semua anggota mengalami kelelahan, termasuk saya juga kurang istrahat,” ujarnya.

Sementara itu petugas kesehatan UPT Puskesmas Tarogong yang menugaskan tim PSC Sijeruk  dengan 3 petugas Yuni, Edi Kurniadi dan Fauzia menduga bahwa banyaknya kasus anggota KPPS yang meninggal dunia bisa diakibatkan kelelahan dan minimnya penanganan.

Menurutnya ketika petugas sudah mengalami kelelahan karena kurang tidur selama berhari-hari seharusnya bisa diminimalisir. Petugas kesehatan harus sigap melakukan penanganan terhadap  kasus kegawat daruratan akibat kelelahan.

“Faktor kelelahan bisa tidak berdampak fatal ketika ada penanganan yang tepat dan cepat . Apakah itu diberikan oxygen, pemberian cairan  infus atau ditindak lanjuti ke faskes yang lebih lanjut ,” ungkapnya.

Ditambahklannya, selama ini  di setiap TPS minim alat P3K, jadi ketika ada yang sakit apalagi jauh dari fasilitas kesehatan maka bukan tidak mungkin akan berakibat fatal. “Resiko kematian akibat kelelahan cukup besar, karena pada umumnya tubuh harus diberikan porsi istrahat yang cukup,” ucapnya.

Petugas PSC Sijeruk juga melakukan beberapa pemeriksaan kepada petugas KPPS dan Camat yang hampir semuanya mengalami kelelahan. “Pemeriksaan saturasi oksigen, tekanan darah, dan Lab glukosa darah.  Ketua Panwas Kecamatan juga mengalami kelelahan dan peningkatan tekanan darah, dan disarankan untuk segera meminum obat yang telah disediakan dan secepatnya untuk istirahat,” bebernya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *